Sabtu, 09 Maret 2013

JUAL BELI

a. Pengertian Jual Beli

Jual beli adalah adalah suatu kontrak dimana 1 (satu) pihak penjual, mengikat dirinya untuk menyerahkan suatu benda, sedangkan pihak lainnya(Pembeli), mengikat dirinya untuk membayar harga benda tersebut sebesar yang telah disepakati bersama-sama.

b. Metode Pembayaran transaksi Jual Beli

  1. Metode pembayaran tunai seketika; Dalam hal ini harga barang diserahkan semuanya, sekaligus pada saat diserahkannya barang objek jual beli kepada pembeli.
  2. Metode pembayaran dengan cicilan/kredit; Pembayaran dilakukan dalam beberapa tenggang waktu yang ditentukan, sementara penyerahan barang kepada pembeli dilakukan sekaligus dimuka, meskipun pembayaran belum dilunasi. Sementara cicilan yang belum dibayar menjadi hutang-piutang belaka.
  3. Metode pembayaran dengan memakai cek; Pihak pembayar cukup memberikan sepucuk cek kepada pembeli, setelah cek diserahkan kepada penerimanya bisa langsung menguangkan cek tersebut ke Bank.
  4. Metode pembayaran terlebih dahulu; pihak penjual baru mengirim barangnya jika ia telah menerima seluruh pembayaran terhadapa barang tersebut. model pembayaran ini sangat tidak aman bagi pembeli.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar